Minggu, 27 Mei 2012

Manfaat Teh Basi Bagi Kecantikan dan Kesehatan













Teh basi merupakan teh yang sudah didiamkan dan tidak diminum selama satu malam sehingga menjadi basi. Setelah teh menjadi basi, biasanya banyak orang membuangnya begitu saja. Namun, taukah kamu bahwa teh basi juga dapat mempercantik dan menyehatkan kita? Berikut beberapa manfaat teh basi bagi kita.
1.        Untuk Kulit
Teh basi dapat digunakan untuk mencuci muka dan ampasnya dapat digunakan sebagai masker untuk penghalus kulit wajah. Manfaat teh basi tidak hanya begitu saja, namun ada manfaat yang lain yaitu sebagai obat jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengatasi komedo, menghilangkan flek hitam, membersihkan kulit, dan mengencangkan kulit akibat proses penuaan.
Teh basi yang sudah di diamkan semalaman lalu pada keesokan harinya kita gunakan untuk mencuci muka dan gunakan daunnya (ampas) seperti saat menggunakan scrub dan lakukan setiap harinya. Sebetulnya untuk hal ini bukan hanya untuk meremajakan kulit saja namun ada pula manfaat lainnya yaitu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan jerawat, mengatasi komedo, menghilangkan flek hitam, membersihkan kulit dan lain sebagainya.
2.        Untuk rambut
Teh basi dapat dimanfaatkan untuk rambut kusam dan mencegah kerontokan. Caranya yaitu keramas menggunakan teh basi. Hal ini dapat membuat rambut sehat, berkilau dan kuat.
3.        Untuk Mata
Selain manfaat untuk kulit dan rambut, teh basi dapat juga digunakan untuk kesehatan mata.  Bagi anda yang terlalu lama di depat layar monitor dan berkeluh dengan matanya yang agak kabur dapat menggunakan teh basi. Caranya dengan menyelupkan muka anda ke teh basi lalu anda buka mata saat masih tercelup sebab teh tersebut dapat menyehatkan mata anda agar dapat jernih kembali.

Manfaat teh dihasilkan dari kandungan-kandungan/zat-zat yang ada dalam secangkir teh, yaitu:
  1.  Polifenol. Polifenol pada teh berupa katekin dan flafanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang ada dalam tubuh Anda disebabkan karena lingkungan udara yang telah tercemar polusi dan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, senyawa ini juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.
  2. Vitamin E. Dalam satu cangkir teh terkandung vitamin E sekitar 100-200 IU merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan sekaligus membuat kulit Anda menjadi halus.
  3. Vitamin C. Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia terhadap penyakit.
  4. Vitamin A. Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten.

2 komentar: